Monday, February 18, 2013

Efek Negatif Ber-Tatto


Tatto adalah salah satu bentuk seni yang melekat selamanya di tubuh, hingga kini belum ada satupun teknik yang dapat menghilangkan tatto dengan sempurna.
Memang belum ada kasus membuat tatto menimbulkan penyakit serius. Efek terjelek yang dirasakan hanya iritasi. Sementara risiko infeksi bisa terjadi saat pembuatan tatto karena jarum yang tidak steril atau tinta yang dipakai mengandung zat-zat berbahaya.

Kerugian memiliki tatto permanen
1. Rasa sakit yang harus dirasakan oleh seseorang saat membuat tatto karena pembuatannya menggunakan jarum berisi tinta sesuai warna yang diinginkan.
2. Mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat tatto.
3. Bersifat permanen sehingga tidak bisa dihilangkan dengan mudah, jika ingin menghapusnya tidak selalu berhasil 100% dan harganya pun sangat mahal.
4. Setelah bertahun-tahun warnanya bisa memudar atau muncul garis-garis patahan dari gambar tersebut.
5. Mode dan tren selalu berubah-ubah, bisa saja saat ini gambar tersebut sedang tren tapi bisa menjadi hal yang kuno beberapa tahun ke depan.
6. Mungkin tato akan terlihat menarik saat masih berusia 20-an tahun, tapi akan menjadi hal yang aneh setelah berusia di atas 50-an tahun.
7. Ada risiko infeksi dari setiap pembuatan tato, seperti dari jarum yang tidak steril atau tinta yang dipakai mengandung zat-zat berbahaya.

Keuntungan memiliki tatto permanen
1. Tatto bisa mengekspresikan pribadi, seni atau pesan yang bermakna bagi yang memiliki tato
2. Ada kepuasan tersendiri jika memiliki sesuatu yang berbeda dengan orang lain.
3. Tatto bisa menjadi ciri khas dari seseorang.

Sampai sekarang ada beberapa cara untuk menghilangkan Tatto permanen seperti: menggunakan sinar laser, mengoleskan krim ke bagian tubuh yang ada tatto, teknik eksisi (menghapus seluruh tato beserta lapisan kulit di bawahnya hingga meninggalkan bekas luka menonjol) dan dermabrasi (menghapus lapisan kulit dengan cara seperti pengamplasan namun dapat merusak kulit).

Jadi berfikirlah dahulu sebelum membuat tatto di tubuh anda....




0 comments:

Post a Comment